Pages

Ads 468x60px

Selasa, 10 Juli 2012

Mengapa Konferensi Meja Bundar Menggunakan Meja Bundar?

Hmm.. Rasanya cukup rumit membaca judul tersebut. Terdapat pengulangan kata pada 'meja bundar'. Tapi Anda pasti tau kan apa yang ku maksud.. Ini sebenarnya adalah hal sepele. Mengapa Konferensi Meja Bundar (KMB) yang diadakan di Denhag menggunakan meja yang berbentuk bundar.

Melalui pencarian arti di kamus bahasa inggris, round table is a meeting of parties or people on equal terms for discussion. Mengapa artinya bukan the table that have rounded shape?

Pada meja yang berbentuk bulat masing-masing orang dapat saling melihat orang lainnya dengan mudah tanpa terhalang atau tertutupi oleh orang yang lain. Hal ini akan berlaku walaupun jumlah orangnya banyak. Berbeda dengan meja yang berbentuk persegi panjang. Untuk 10 orang, membutuhkan meja persegi yang cukup panjang, dan orang yang duduk di ujung meja akan kesulitan melihat orang yang berada di ujung lainnya, hal tersebut dapat menyebabkan informasi yang disampaikan tidak akan diketahui oleh seluruh orang pada meja tersebut. Hal tersebut tidak akan terjadi pada meja bundar walau dalam jumlah banyak sekalipun.

Pada kamus ini juga disebutkan round table In Arthurian legend is the circular table of King Arthur and his knights. Wah kenapa king arthur dibawa-bawa nih..

Mari kita cari tau bagaimana cerita awal mulanya. Terdapat suatu legenda, pada Arthurian legend, king arthur mengadakan rapat strategi dengan prajuritnya di suatu meja bundar. Pada meja bundar tersebut tidak ada seseorang yang memimpin dan mendominasi rapat, melainkan siapapun yang berada di meja tersebut memiliki status yang sama. Hal ini mungkin diadaptasi oleh banyak pihak.
Dengan meja bundar, dimana tidak ada penghalang, seluruh ide dapat tertuang tanpa memandang derajat dari penyampai ide. Dari meja bundar kita bisa berada dalam satu forum dan satu topik pembicaraan yang sama. Dari meja bundar, kata mufakat akan lebih mudah tercapai.

jadi, sudahkah anda mendapatkan jawaban dari pertanyaan saya pada judul diatas? Sudah kan?

Hmm mari kita lihat di sekitar kita. mengapa masih banyak juga warung atau restoran yang menggunakan meja persegi? Para arsitektur pasti akan menjawab apa alasannya, yakni karena efisiensi ruang.

Jadi walau memang meja bundar itu bagus untuk membentuk suatu forum, kalau ruangannya tidak cukup ya mana bisa.. :-)

0 komentar:

 

Sample text

Sample Text

Sample Text